Motor Vespa yakni motor keluaran Italia, perusahaan pembuat Vespa adalah
Piaggio & Co SpA dari Pontedera (1864-1938), yang di dirikan oleh Rinaldo Piaggio di Italia pada tahun 1946. Perusahaan ini pada awalnya bergerak di bidang transportasi massal menyerupai kereta api lokomotif dan pada awal perang dunia ke 2 perusahaan ini yakni pemasok utama pesawat tempur, namun ketika pasukan sekutu melaksanakan pengeboman pada infrastruktur industri di Italia, Piaggio Costruzione Meccaniche Nazionali di pabrik-pabrik di Pontedera Finale Ligure, Genoa dan Pontedera hancur total.
Pada masa-masa rekonstruksi sehabis Perang Dunia II berakhir, Perusahaan Piaggio yang mulai bangun kembali yang ketika itu diteruskan oleh Enrico Piaggio anak dari Rinaldo piaggio, namun perusahaan itu tidak lagi memproduksi kapal dan kereta api lagi akan tetapi beralih ke alat transportasi murah yang dapat di jangkau, dan mulailah motor Vespa di produksi.
|
Vespa 1943 |
|
Vespa 1945 |
|
Vespa 1946 |
|
Vespa 1947 |
|
Vespa 1949 |
|
Vespa 1950 |
|
Vespa 1953 |
|
Vespa 1955 |
|
Vespa 1956 |
|
Vespa 1957 |
|
Vespa 1958 |
|
Vespa 1959 |
|
Vespa 1962 |
|
Vespa 1963 |
|
Vespa 1964 |
|
Vespa 1966 |
|
Vespa 1967 |
|
Vespa 1968 |
|
Vespa 1978 |
Penyebaran motor Vespa hampir ke seluruh dunia termasuk Indonesia, dikarenakan Vespa memiliki penggemar fanatik hal ini menjadikan Vespa tidak dapat berubah menjadi besar, berbagai klub-klub pecinta Vespa klasik maupun modifikasi yang enggan membeli Motor Vespa keluaran terbaru dan Vespa modifikasi terbagi menjadi beberapa ajaran diantaranya :
Racing :
Bagi yang suka bermain di torsi dan kecepatan. kini pun dengan kembali bangkitnya event road race dan drag race untuk kelas vespa, maka penganut gaya racing pun kembali bermunculan dalam hal regenerasi. ajaran ini hampir di setiap negara ada.
Retro klasik :
Bagi penggemar vespa yang suka dengan tampilan gaya klasik. mereka merubah tampilan vespa mereka dengan mengaplikasikan beberapa accessories vespa mengacu pada jaman kejayaan vespa pada dekade tahun 1950 hingga dengan tahun 1980 an. ajaran ini hampir di setiap negara ada.
Original :
Aliran ini di aplikasikan bagi mereka (penggemar ajaran ini.red) yang memang sengaja mempertahankan kondisi original vespa atau membangun kembali vespa mereka dengan spare part dan accessories original sesuai dengan part number dan serial number part vespa pada jaman vespa itu di buat. jadi bagi para penganut ajaran ini pun tak segan2 merogoh kocek dalam dalam demi memburu part dan accessories untuk mengubah motor mereka layak nya vespa yang keluar dari dealer pada jaman itu. kebanyakan vespa yang menganut ajaran ini yakni antara tahun 1950 an hingga dengan tahun 1970 an. ajaran ini hampir di setiap negara ada.
Custom :
Aliran ini kebanyakan merubah tampilan vespa mereka, namun ada pula yang menghilangkan wujud orisinil vespa dan ada juga yang tetap mempertahankan struktur rangka orisinil nya, namun mereka biasanya melaksanakan perombakan di beberapa sektor body, konstruksi kaki2 dan juga hingga merambah ke mesin. ajaran ini ada hampir di tiap negara
Chooper :
Penganut ajaran ini sudah sama sekali menghilangkan bentuk orisinil vespa dengan mengganti chassis sesuai dengan selera dan mereka merubah konstruksi kaki, body dan semuanya. yang tersisa dari vespa hanya lah mesinnya saja. ajaran ini terbesar penganut nya ada di daerah indonesia namun minoritas di beberapa negara
Army :
Aliran ini terbesar lebih banyak didominasi nya ada di Indonesia. Mereka biasanya merubah tampilan vespa mereka dengan cat hijau dof, coklat gurun dan menambah kan beberapa accessories perlengakan perang menyerupai kotak peluru, peluru renteng yang sdh tidak aktif, selongsong peluru, bahkan hingga tabung meriam pun kadang menghiasi vespa mereka. memang vespa pernah mengeluarkan vespa ACMA (arteleri construction military at accessories) yang di gunakan sebagai pengangkut peluru dan beberapa bazooka pada kala perang 1950 antara italia dengan jerman.
Trash / kumuh :
Nih ia gan, penganut ajaran ini dapat di sebut dengan ajaran extrem. mereka memodifikasi vespa mereka dengan memanjang kan body vespa hingga beberapa meter, terkadang juga masih di tambah dengan sespan (kereta samping). dengan warna yang kusam dan dan bunyi yang menggelegar, mereka pun siap bertarung dengan jarak dan waktu bersama vespa mereka menempuh perjalanan yang panjang. ada juga beberapa ajaran ini yang memodifikasi vespa mereka dengan accessorie menyerupai sampah, botol bekas dan panci dan lain sebagainya. memang ajaran modifikasi mereka menyerupai ini, semakin kumuh vespa tersebut maka semakin mantap dalam ajaran ini. inilah jati diri kita..itulah teriakan para penganut ajaran ini. ajaran ini penganut terbesar nya hanya ada di Indonesia. sedikit di negara lain bahkan mungkin tidak ada di negara lain.
Mods :
Inilah ajaran yang paling banyak dianut oleh lebih banyak didominasi penggemar vespa di dunia. ajaran ini berawal dari inggris. penganut ajaran ini mengaplikasikan accessories yang berlebih di vespa mereka. dengan penambahan front rack, spion dalam jumlah yang banyak, lampu2 depan (ingat jaman sinetron lupus yang di bintangi irgi) crash kafe dan lain2 nya. memang jumlah spion yang sangat banyak dan pemakaian accessories badan menyerupai jaket parka, sepatu docmart dll memang menjadi identitas bagi pengikut ajaran ini. ajaran ini tersebar di seluruh dunia.[kaskus]
Sejarah Singkat Motor Vespa
4/
5
Oleh
Anonim