Cara Menciptakan Pompa Air Tanpa Listrik Dan Bensin ( Pompa Hydram )

Assalaamualaikum apa kabar mitra agar selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan lancar dalam segala urusan, dalam goresan pena ini aku akan sharing pengalaman aku dalam hal hal menciptakan pompa air tanpa listrik dan tanpa bensin atau materi bakar lainnya.

Sedikit dongeng ketika liburan lebaran kemarin sudah jadi kebiasaan buat orang-orang yang merantau untuk balik ke kampung halaman alias pulang kampung dan aku jadi salah satu orang yang ikut pulang kampung dan kebetulan di kampung, orang renta aku punya sebidang tanah warisan dari kakek, nah di bersahabat kebun kebetulan ada irigasi namun posisi kebun bapak berada diatas irigasi tersebut, jadi walaupun bersahabat irigasi kebun nya tidak sanggup air, jadinya kebun tersebut kering kerontang tak ditanami.

Tapi mungkin memang dasarnya bapak aku suka ngoprek, dan kebetulan nurun ke aku :) kebun yang dulunya kering dan tak ditanami sekarang sanggup ditanami jagung berkat pandangan gres dan perjuangan nya menciptakan pompa air dari paralon dengan memasang klep pada tongkat atau tuas pompa sistemnya ibarat pompa air dragon, denah nya ibarat gambar dibawah ini.

Pompa air manual


Ide awal menciptakan pompa hydram berawal dari anaknya uwa (paman) aku yang menawarkan pandangan gres untuk menciptakan pompa yang sanggup menarik air sendiri tanpa tenaga manusia, awalnya bukan pompa hydram yang diajukan melainkan pompa spiral yang memakai tenaga kincir, kemudian aku dan bapak searching di internet dan ketemulah klarifikasi perihal sistem kerja perihal pompa spiral.

Nah masalahnya orang-orang dari hilir suka mencari kayu bakar di hulu tapi mungkin alasannya ialah malas memikul kayu bakar, biasa kayu bakar mereka hanyut kan dan hal ini ancaman sekali untuk pompa spiral jikalau seandainya kami membuatnya, alasannya ialah pompa spiral harus berada didalam air untuk memutar kincir (penjelasan pompa spiral sanggup anda cari di google).


Kemudian saudara kami juga mengemukakan pandangan gres untuk menciptakan pompa tanpa listrik dan materi bakar yang lainnya, ketika itu dia tidak menyampaikan apa nama pompa tersebut, alhasil aku searching dengan kata kunci Pompa Air Tanpa Listrik akhirnya ketemulah dengan Pompa Hydram ini.

Sedikit sejarah singkat perihal Pompa Hydram, Pompa Hydram ditemukan oleh penemu asal Perancis, Josephem Montgolfierem pada masa ke-18, cara kerja pompa hidram ialah memanfaatkan daya tekan air dan klep, cara kerjanya sanggup dilihat pada gambar gif dibawah ini.





Cara kerja pompa hidram

1. Air masuk melalui kanal water in

2. Klep terdorong oleh air

3. Ketika klep menutup air berbalik arah kemudian masuk kedalam tabung yang berisi udara

4. Udara tertekan oleh air, udara menekan balik air

5. Air berbalik arah klep kedua terdorong dan menutup.

6. Akhirnya air keluar melalui kanal water out



Kira-kira ibarat ini cara kerja pompa hidram gambar gif diatas ialah pola pompa hidram yang memakai pipa besi, kebetulan aku di rumah menciptakan pompa hidram dari pipa paralon, debit air yang berhasil dinaikan rata-rata sekitar 10 persen dari air yang terbuang melalui kanal klep pembuangan, jadi 90 persennya memang terbuang.

Pompa ibarat ini cocok dipakai di kawasan yang memiliki kontur tanah yang berbukit ibarat di kawasan aku di Kabupaten Sumedang Kecamatan Ganeas Dusun Cinungku Desa Cikoneng Kulon Provinsi Jawa Barat.

Untuk biaya pembuatannya aku menghabiskan sekitar biaya Rp. 1.500.000 harusnya memang sanggup lebih murah alasannya ialah kami ketika mengerjakannya masih dalam tahap eksperimen sehingga banyak bahan-bahan yang seharunya tidak dibeli, alasannya ialah memang panduan menciptakan pompa hidram ini aku dapatkan dari internet dan video dari youtube.

Tapi walaupun begitu Alhamdulillah pompa sanggup berjalan dengan baik, namun persoalan yang sering kami hadapi ialah klep yang sering rusak, alasannya ialah kanal air untuk air yang masuk kami memakai pipa 2' sedangkan pipa untuk air yang keluar kami memakai pipa 1' sehingga beban yang tekanan air terlalu besar untuk klep ukuran 1', mungkin hal ini yang harus anda perhatikan ketika ingin menciptakan pompa hidram.

Kebun jagung tetangga yang diairi dengan mesin pompa air

Lokasi sungai yang ada dibawah kebun bapak saya

Related Posts

Cara Menciptakan Pompa Air Tanpa Listrik Dan Bensin ( Pompa Hydram )
4/ 5
Oleh