Cara Menciptakan Fender / Spakbor Sepeda

Belakangan ini aku lagi keranjingan bersepeda, sebetulnya sudah dari dulu aku suka naik sepeda dikarenakan gres punya sepeda lagi sesudah sekian usang ga punya, sepeda ini aku beli dari sobat dengan harga 150 ribu, awalnya penampilan nya tidak menyerupai ini, sepeda ini sudah aku poles dan ganti onderdil sana-sini menghabiskan dana sekita 700 ribuan, hmmm.. tidak mengecewakan nguras kantong juga tapi kalo sudah hobi sih mau ngeluarin biaya sebesar apa juga its ok saja, nilai kepuasan yang ga dapat dibeli sama uang yang ga dapat diganti.


Mungkin diantara anda juga ada yang sama dengan saya, kalau yang namanya hobi entah apapun itu seseorang rela merogoh kocek dalam-dalam demi sebuah kepuasan terkait hobi mereka, dan hobi yang sebetulnya dari aku yakni ngoprek, anda dapat lihat postingan aku campur-campur dan semuanya tidak jauh dari hal uprak-oprek.

Dan terkait ngoprek, aku masih ingin ngoprek sepeda saya, ya minimal sepeda tampilan nya dapat menyerupai sepeda dibawah ini.


Dan masalahnya adalah, sepeda aku termasuk kategori sepeda langka, ukuran frame atau rangkanya yakni 24 dimana sepeda kini kebanyakan menyerupai MTB atau fixie ukuran nya 26 keatas, aku kadang kesulitan mencari suku cadang menyerupai velk, dan fork atau garpu, dan agak sulit kalau aku harus buat sendiri, fork atau garpu sepeda aku itu fork sepeda fixie yang aku potong.

Ngomong-ngomong soal fender atau sepakbor, fungis utama dari fender yakni untuk menahan cipratan air kalau sedang hujan, nah kali ini aku akan menciptakan postingan bagaimana caranya menciptakan fender dari stopmap plastik, walaupun fender nya buat sepeda MTB tapi dapat lah kita modif buat sepeda balap atau fixie, kiat pribadi saja.

Untuk membeli fender/mud guard sepeda MTB untuk fork suspensi sedikit mahal kisaran harga Rp
100.000,- hingga Rp 200.000,- tergantung brand dan kualitas plastiknya. Immanuel Noble Soebangkit
memperlihatkan cara menciptakan fender sepeda MTB yang murah. Berikut tutorialnya:
Bahan yang diharapkan ada di sekitar kita bahkan beberapa dapat menggunakan barang bekas atau alat yang
biasanya ada ditiap rumah:

1. Stopmap berbahan plastik atau mika
2. Gunting
3. Cutter
4. Ballpoint atau spidol
5. Kertas HVS
6. Cabble ties
7. Penggaris
8. Solder atau pelubang kertas

Langkah-langkah menciptakan fender MTB ini:

1. Buat contoh menyerupai gambar, diatas kertas hvs terlebih dahulu ukurannya lebar 29 cm x panjang 26
cm
2. Gunting contoh mengikuti garis luar
3. Pindahkan contoh dengan cara meniru ke materi utama yaitu stopmap plastik, untuk warna sukasuka
diadaptasi dengan warna sepeda
4. Gunting plastik sesuai dengan contoh tadi, untuk bab variasi dalam dapat potong dengan cutter
5. Untuk menciptakan dudukan ikatan kabel tist sesuaikan dengan posisi dudukan di sepeda
6. Hasilnya.. Manis dilihatnya! Jelas mempunyai kegunaan untuk menahan cipratan air atau lumpur biar tidak
kemana-mana.

Untuk mebuat fender sepeda balap atau fixie dapat menggunakan materi pipa paralon yang dibelah dan dipanaskan lalu dibuat melengkung, atau mungkin anda punya wangsit lain ? silahkan dikreasikan sendiri, sekian semoga bermanfaat

sumber : http://goowes.co/2015/06/17/cara-membuat-fender-sepeda-mtb/

Related Posts

Cara Menciptakan Fender / Spakbor Sepeda
4/ 5
Oleh